Jumat, 31 Januari 2014

Multimedia dalam komunikasi bisnis

Membentuk Komunikasi Bisnis Perusahaan
Yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk, jasa, atau juga sebuah organisasi. Informasi yang relefan dalam bisnis atau yang berurusan dengan masalah hukum dan yang sejenis. Komunikasi bisnis Ini juga merupakan sarana rantai pasokan antara konsumen dan produsen.
Selama ini komunikasi bisnis hanya dikenal sebagai “Komunikasi.” Padahal komunikasi bisnis ini mencakup berbagai topik termasuk :
1. Pemasaran
2. Branding
3. Hubungan pelanggan
4. Perilaku konsumen
5. Advertising
6. Public relations
7. Komunikasi perusahaan
8. Keterlibatan komunitas
9. Riset & Pengukuran
10. Manajemen Reputasi
11. Komunikasi interpersonal
12. Keterlibatan karyawan
13. Komunikasi online
14. Manajemen Event.
Komunikasi Bisnis merupakan topik yang umum termasuk dalam kurikulum Master of Business Administration (MBA) yang banyak diajatkan universitas. Dalam dunia bisnis, istilah komunikasi itu sendiri mencakup berbagai saluran komunikasi termasuk :
1. Internet
2. Print (Publications)
3. Radio
4. Televisi
5. Media ambient
6. Media outdoor
7. Metode dari mulut ke mulut.
Komunikasi Bisnis juga dapat merujuk kepada komunikasi internal. Seorang direktur komunikasi biasanya akan mengelola komunikasi internal dan kemudian mengirimkan pesan ke karyawan. Sangat penting bahwa komunikasi internal ini bisa dikelola dengan baik karena seringkali terjadi komunikasi ini kurang berhasil sehingga bisa membuat sebuah pesan yang justru dapat memupuk ketidakpercayaan atau permusuhan dari karyawan.
Ada beberapa metode komunikasi bisnis yang selama ini dikenal, yaitu:
1. Komunikasi Berbasis Web
2. eMail
3. Laporan
4. Presentasi
5. Teleconference
6. Forum Diskusi
7. Diskusi Tatap Muka.
Media Promosi Bisnis/Usaha
Salah satu media komunikasi bisnis di internet adalah melalui iklan online yang akan ditampilkan pada situs tertentu. Ada beberapa situs yang menyediakan sarana periklanan online ini, salahsatunya yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia adalah fasilitas adwords dari google. Melalui fitur ini, iklan kita akan ditampilkan di halaman pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi. Selain itu, iklan Anda juga akan ditampilkan pada situs-situs network google seperti pada situs/blog adsense.
Sementara itu situs lokal di Indonesia yang juga menyediakan sarana periklanan adalah balizon. Disana Anda bisa memasang iklan baris, iklan paragraph, showroom bisnis, maupun menjual produk melalui fasilitas toko online bersama.
Teknologi multimedia dalam komunikasi bisnis
Teknologi merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak hasilnya.
Salah satu alasan mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melaluistimuli visual dan stimuli oral.
Dan alat bantu multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.
Anderson (1966) menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar. Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.
Itulah mengapa pengetahuan tentang teknologi multimedia sangat penting diberikan pada bidang pendidikan komunikasi bisnis.
sumber : http://notes9.wordpress.com/2013/01/01/multimedia-dalam-komunikasi-bisnis/

Share on :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Multimedia dalam komunikasi bisnis
Ditulis oleh ruddesign
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ruddesign-pratama.blogspot.com/2014/01/multimedia-dalam-komunikasi-bisnis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Mohon like atau share jika anda menyukai artikel kami.

Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar