Senin, 01 Oktober 2012

Membangun Pondasi Merek


Dapatkah Anda bayangkan jika jembatan Suramadu yang menghubungkan pula Jawa-Madura itu dibangun tanpa pondasi? Atau mungkin kemegahan menara kembar Petronas yang menjadi simbol kemajuan bangsa Malaysia itu berdiri tanpa pondasi? Atau mungkin contoh yang paling dekat, rumah kita sendiri, akankah dapat berdiri megah tanpa adanya pondasi dibawahnya? Tanpa adanya pondasi yang kuat sudah pasti akan mudah roboh ketika dilanda gempa. Sama halnya dengan sebuah brand. Untuk memiliki brand yang kuat, harus memiliki brand platform yang jelas sebagai pondasi merek. Apple tidak akan seperti saat ini tanpa adanya platform yang kuat, begitu pula dengan Microsoft, Dell Computer, Coca-Cola, Levi’s bahkan merek-merek lokal seperti Blue Bird, WIKA (Wijaya Karya), Bank Mandiri pun pasti memiliki brand platform yang jelas didalamnya. Selama ini kita cenderung melihat branding adalah sesuatu yang berbentuk visual atau kasat mata, mulai dari bentuk logo, warna identitas, desain kemasan sampai dengan atribut-atribut visual lainnya. Inilah yang saya sebut branding bagaikan fenomena sebuah gunung, yang terlihat dari kejauhan hanya puncaknya sedangkan kerangka brand yang ada di dalam tidak terlihat.


Menentukan brand platform yang jelas mutlak dilakukan dalam merancang strategi branding, karena ini merupakan pondasi merek yang nantinya menjadi acuan untuk mengembangkan merek dimasa depan. Ada beberapa elemen brand platform yang wajib kita tentukan diawal, pertama brand vision atau visi merek yang mencerminkan kenyataan masa depan dari brand tersebut, kemudian brand mission atau misi merek yang harus dapat menerjemahkan visi merek dalam bentuk tujuan merek jangka pendek, menengah maupun panjang, lalu menentukan core value atau nilai inti baik dari aspek fungsional maupun emosional dari brand dan yang terakhir adalah area of competence atau area kompetensi merek, diwilayah mana brand Anda akan bermain. Rumuskan brand platform Anda dengan teliti dan komprehensif untuk menciptakan pondasi merek Anda yang kuat di masa depan.


Sumber : http://koransolo.com

Share on :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Membangun Pondasi Merek
Ditulis oleh ruddesign
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ruddesign-pratama.blogspot.com/2012/10/membangun-pondasi-merek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Mohon like atau share jika anda menyukai artikel kami.

Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar