Barack Hussein Obama adalah
orang pertama yang memanfaatkan situs jejaring social Facebook sebagai media
kampanye yang membuatnya memenangi pilpres 2007 di Amerika. Di mana pada tahun
itu, Facebook belum mendominasi di Indonesia, dan penggemar Obama di Facebook
hanya 5 juta orang. Kini, lagi-lagi Obama memanfaatkan social media sebagai
corong terdepan dalam menaikkan elektabilitasnya di mata publik. Meski lawan
tunggalnya, Mitt Romney, juga melakukan hal yang sama, Obama bisa lebih
mendominasi dengan total jaringan yang lebih besar di Facebook ketimbang
lawannya tersebut.
Kemenangan Obama menjadi
inspirasi bagi para calon pemimpin di negara-negara lain. Tak terkecuali di
Indonesia.
Jika dilihat dari peta
pengguna social media di Indonesia, kita bisa melihat bahwa potensi kekuatan
yang ada bisa sangat maksimal, baik untuk transaksi jual beli, maupun menaikkan
citra seorang figur, termasuk tokoh politik.
52 juta, angka pengguna
Facebook di Indonesia, menjadikan negara ini menempati posisi 4 negara dengan
jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia, di bawah India (60jt), Brazil
(61jt), dan Amerika Serikat (168jt).
Jika melihat ke Indonesia,
tokoh politik yang bermain di social media cukup banyak, tapi yang benar-benar
fokus sebagai media kampanye, bisa dihitung dengan jari. Kita bisa melihat
Prabowo Subianto yang dalam 4 bulan terakhir ini menggencarkan pemasangan iklan
untuk akunnya di Facebook. Dari yang penulis amati, pengelolaan kontennya
benar-benar profesional, hal yang sama sekali luput dari tokoh politik lainnya.
Mulai dari iklan di sebelah kanan, tim kampanye Prabowo menggunakan teknik
kalimat hipnosis dengan menanamkan word
action, dimana pembaca ‘dipaksa’ untuk melakukan klik like (suka),
seperti misalnya ketika ada iklan gambar Prabowo muda, teks iklan yang muncul
mengatakan, “Ingin mengetahui masa muda Prabowo, klik suka sekarang.”
Begitu juga pada
konten-konten yang diupdate melalui fanpagenya. Penulis mengamati betapa tanda
baca dan EYD begitu diperhatikan dengan baik, hingga pesan yang disampaikan
melalui update terbarunya itu bisa dibaca secara nyaman oleh semua
penggemarnya.
Social media juga ikut
berperan penting pada masa Pilgub DKI lalu. Jokowi-Ahok yang mematahkan
lawan-lawannya di dua putaran sekaligus itu benar-benar memaksimalkan YouTube,
Twitter, dan Facebook, cara-cara yang sama sekali tidak diperhatikan lawan
politiknya, ataupun jika diperhatikan, implementasinya kurang maksimal,
setengah-setengah. Tentu tidak bisa mengimbangi penyebaran kampanye massif ala
Jokowi di social media yang digarap secara serius dan maksimal.
Mendekati Pilgub Jabar, di
mana panggung perebutan jabatan yang akan dilangsungkan seolah berubah jadi
panggung artis, tak bisa dielakkan bahwa fakta social media kembali menjadi
kekuatan yang tak bisa dipisahkan sebagai alat manufer politik. Dari 46 juta
penduduk Jawab Barat, 14 juta diantaranya adalah pengguna Facebook, angka yang
jelas tidak sedikit dan sangat mungkin untuk mempengaruhi hasil akhir Pilgub.
Salah satu yang menjadi
pusat perhatian adalah Ahmad Heryawan dan cawagubnya, Deddy Mizwar. Di mana
mereka sangat serius menggarap lahan social media. Hanya dalam waktu 1 pekan,
penggemar fanpagenya sudah mencapai angka 113 ribu orang. Artinya, jika
dirata-rata terjadi penambahan massal sebanyak 16 ribu orang setiap hari.
Apakah pasangan ini bisa
melenggang sendiri di social media? Jika melihat dari pasangan lain yang belum
action di social media, hal ini bisa saja terjadi, karena kita bisa ambil
kesimpulan dari mereka yang sukses memenangkan pertarungan politik, dimana
mereka yang mendominasi adalah mereka yang fokus menggarap ranah maya di era
informatika.
Sumber : http://fimadani.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Social Media, Kekuatan Politik Baru di Era Informatika
Ditulis oleh ruddesign
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ruddesign-pratama.blogspot.com/2012/12/social-media-kekuatan-politik-baru-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Mohon like atau share jika anda menyukai artikel kami.Ditulis oleh ruddesign
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar